22 Penilaian Jaminan Kredit Bank



Jaminan kebendaan adalah penyerahan hak oleh debitur atau pihak ketiga atas barang barang miliknya kepada bank untuk dijadikan agunan atas kredit yang diperoleh debitur. Wanprestasi sendiri merupakan kondisi dimana salah satu pihak tidak mampu untuk memenuhi kewajibannya terhadap perjanjian yang kedua belah pihak itu.

Paper On The Job Training Bank Panin Yudhy Tri Suharno 2011

Berdasarkan jenisnya agunan kebendaan terbagi dari dua jenis yaitu.

Penilaian jaminan kredit bank. Tersebut jaminan pemberian kredit atau pembiayaan dalam arti keyakinan. Pada saat permintaan kredit biasanya bank akan menanyakan kepada calon debitur tentang jaminan agunan apa yang akan diserahkan sebagai salah satu syarat dalam perjanjian kredit yang selanjutnya oleh bagian taksasi akan melakukan perhitungan atau penilaian terhadap kelayakannya. Biasanya bank hanya berani memberikan plafon pinjaman maksimal 75 dari nilai tranksasi jaminan kredit.

Oleh karena bank dalam melakukan perjanjian kredit juga melakukan perjanjian pengikatan jaminan accesoir sebagai penerapan salah satu prinsip 5 c collateral agunan maka bank dalam mencairkan kredit dan diikat dengan jaminan terutama jaminan hak tanggungan yang biasa objeknya adalah tanah juga dilakukan penilaian oleh bank. Penilaian atau analisis kredit adalah semacam studi kelayakan feasibility study untuk. Proses pengajuan kredit bisa diajukan secara tertulis dengan mengisi formulir dan melengkapi berkas yang dibutuhkan.

Penilaian jaminan perlu dilakukan bank sebab hasil penilaian akan memberikan informasi seberapa besar nilai jaminan tersebut dapat mengcover plafon credit yang diajukan debitur. Penilaian jaminan adalah tanggung jawab pejabat pembiayaan ao account officer dan cro credit recovery officer. Menurut firdaus ariyanti 2009.

Penilaian atau analisis kredit adalah analisispenilaian filedata dan juga berbagai aspek pendukung yang diajukan oleh pemohon kredit sebagai dasar pertimbangan untuk mengambil keputusan apakah permohonan kredit diterima atau ditolak. Sehubungan dengan itu bank harus memiliki serta menerapkan pedoman perkreditan atau pembiayaan sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan. Pembiayaan bank harus melakukan penilaian yang seksama terhadap watak kemampuan modal agunan dan prospek usaha dari debitur.

Pengikatan jaminan kredit di bank merupakan mekanisme bank untuk memastikan bahwa secara legal mereka memiliki hak atas agunan yang dijaminkan oleh debitur apabila muncul kondisi wan prestasi.

Pengertian Fungsi Jenis Dan Penilaian Jaminan

Prinsip Jaminan Kredit Oleh Bank Negarahukum Com

Analisis Penilaian Karakter Nasabah Jaminan Dan Kelayakan

Makalah Perbankan Kredit Jaminan

Urgensi Peran Appraisal Dalam Penyelesaian Kredit Macet Pada

Tanya Jawab Jaminan Kredit Nasabah Di Bank Hilang Siapa

Kredit Bank Metode Penilaian Agunan Menggunakan Pendekatan Pasar

Cara Kerja Analisis Bank Dalam Menilai Permohonan Kredit

Evaluasi Sistem Pemberian Kredit Studikasus Pada Bank Papua

Penyelesaian Kredit Macet Paoa Bank Bni Cabang Prabumulih

Lex Privatum Vol Vi No 1 Jan Mar 2018 116 Penilaian Dan

Inilah Syarat Agar Pengajuan Kredit Disetujui Bank Cermati Com

5 Penilaian Tentang Kredit Tanpa Agunan Dana Tunai Gadai Bpkb

Jaminan Atau Agunan Kredit Kreditpedia

Syarat Dokumen Pengajuan Kredit Loan Market Indonesia

Pelatihan Appraisal Jaminan Kredit Vibiz Learning

Menghitung Nilai Agunan Kredit Atas Tanah Dan Bangunan Poke

Pengertian Kredit Unsur Fungsi Macam Jenis Dan Manfaat

Metode Penilaian Agunan Kredit Kredit Bank

Proses Pemberian Kredit Ppt Download

Intip Cara Bank Menghitung Harga Rumah Sebagai Nilai Jaminan


Belum ada Komentar untuk "22 Penilaian Jaminan Kredit Bank"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel